Monday, May 5, 2014

Teknik Dasar Permainan Flute

Agar bisa menjadi seorang pemain musik flute profesional, seorang pemula yang masih belajar musik di sekolah musik tentu perlu banyak belajar mulai dari teknik – teknik dasarnya, kesannya memang sangat melelahkan dan sangat lama akan tetapi dengan ketekunan niscaya usaha Anda akan terbayarkan dengan meningkatnya kemampuan memainkan alat musik flute.  Jangan terburu – buru untuk bisa menguasai seluruh teknik permainan, karena belajar adalah sebuah proses. Pelajarilah setiap step-nya dengan ketekunan karena alat musik flute ini memiliki keunikan tersendiri dibanding alat musik lain.

Jangan heran jika pada saat flute Anda tiup suara yang dihasilkan tidak seperti yang Anda harapkan, karena untuk bisa menghasilkan suara yang indah pencapaiannya tidak bisa didapat secara langsung sebagaimana alat musik yang lain seperti gitar, piano dan saxophone yang begitu di petik, ditekan atau di tiup langsung menghasilkan suara. Flute sangat unik karena jika cara meniupnya tidak tepat, alat tersebut tidak berbunyi.

Berikut ini adalah beberapa teknik dasar yang wajib untuk dikuasai oleh para siswa sekolah musik yang mengambil kursus flute. Teknik dasar tersebut meliputi penjarian scales dan artikulasi.

1.      Penjarian Scales
Penjarian scales adalah teknik penting dalam permainan flute  yang  dibutuhkan untuk menguasai semua Major dan Minor Scales (1-7 sharps dan 1-7 flats), selain itu dengan teknik ini pemain flute pemula juga bisa belajar bagiamana cara yang benar untuk menguasai nada-nada kromatis yang terdapat pada ketiga oktav Flute dengan alternatif-alternatif penjariannya yaitu Chromatic Scales, Fingering Chart dan Major and Minor

2.  Artikulasi
Teknik permainan flute untuk membunyikan nada- nada dasar disebut dengan artikulasi, hal ini penting untuk dipelajari agar maksud yang hendak disampaikan bisa diterima dengan tepat. Artikulasi pada flute disebut juga dengan tonguing dan disini Anda akan sering mengucapkan kata “ tu “ dan ‘ du “dan double tonguing.

Belajar mempraktekkan teknik fingering dan artikulasi bisa dimana saja dan kapan saja, akan tetapi jangan pernah latihan sambil jongkok. Akan tetapi berlatihllah dengan posisi duduk di kursi atau berdirilah secara relaks dengan posisi yang tegak tidak bersandar .Teknik dasar permainan ini juga sangat membutuhkan kontrol embrochuse dan pernafasan yang baik, hal ini penting sebagai upaya agar nada- nada yang dihasilkan bisa terdengar indah.

No comments:

Post a Comment