Monday, May 5, 2014

Cara Memainkan Alat Musik Gitar Akustik

Gitar akustik mampu menghasilkan suara yang merdu dan terkesan romantis, alat musik ini bisa digunakan untuk memainkan berbagai genre musik.  Gitar pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis yaitu gitar akustik dan gitar elektrik, khusus bagi para pemula yang hendak mengambil kursus gitar di sekolah musik disarankan agar belajar gitar akustik terlebih dahulu sebelum belajar gitar elektrik. Gitar akustik selain secara fisik lebih ringan juga tidak membutuhkan daya listrik untuk menghasilkan bunyi.

Walaupun saat ini banyak artikel yang membahas mengenai cara memainkan alat musik gitar akustik  baik di internet maupun buku – buku, akan tetapi hal itu tetap kurang bisa menggantikan posisi sekolah musik yang berisi instruktur – instruktur musik profesional yang akan mengajari Anda secara langsung  cara memainkan gitar dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa cara memainkan alat musik gitar akustik bagi para pemula:

1. Pastikan seluruh senar gitar komplit, terdapat 6 senar.
2. Pastikan bahwa senar gitar sudah di-stem dengan baik sehingga menghasilkan nada yang pas.
3. Teknik dasar memetik senar : pada saat belajar memetik gitar jangan terburu- buru ingin semahir gitaris top – top dunia, akan tetapi petiklah gitar dengan sederhana, seperti  contoh berikut ini:
Perhatikan posisi jari: jari jempol untuk 3 senar bas, sedangkan 3 senar lainnya dipetik oleh 3 jari, berikut ini adalah cara penyerderhanaan teknik dasar petikan pada gitar akustik:
Penyederhanaan: jari jempol=1, jari telunjuk=2, jari tenguh=3 dan jari minis=4.
1. 1-2-3.4.3-2 dengan berpindah-pindah senar bass
2. 1-2-3-4-2 dengan 34 dipetik secara bersamaan
3. 1.234 dengan 234 dipetik secara bersamaan sebanyak 3x.
Setelah anda cukup lancar memainkan petikan diatas , cobalah untuk belajar alat musik gitar dengan menggabungkan semuanya.
4. Belajar mengiringi lagu - lagu sederhana, agar kemampuan terus meningkat.
5. Pergunakan feeling saat perpindahan chord. Semakin sering latihan maka feeling Anda pun akan semain terasah tajam

No comments:

Post a Comment