Sunday, June 1, 2014

Manfaat Piano Bagi Anak

Mempelajari alat musik tertentu seperti piano seringkali hanya dianggap sebagai penyaluran hobby dan sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan seseorang. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dengan belajar alat musik, terutama jika musik tersebut dipelajari sejak masa kanak-kanak ? belajar alat musik piano sebaiknya di sekolah musik yang telah terpercaya dan memiliki kurikulum yang jelas, sehingga anak bisa dengan mudah dan cepat dalam belajar karena pelajaran yang diberikan terstruktur mulai dari tingkat dasar hingga mahir.

Sekolah musik terbaik yang banyak direkomendasikan adalah Sekolah Yamaha Musik, sekolah ini sangat populer di Indonesia karena banyak menghasilkan lulusan yang berprestasi, sekolah musik ini memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia, dengan berbagai pilihan kursus sesuai dengan minat dan bakat. Salah satu kursus alat musik yang banyak diminati adalah kursus piano. Kursus piano di sekolah ini diperuntukkan bagi anak berusia 6 tahun ke atas.

Dengan belajar alat musik piano, secara tidak langsung anak akan belajar untuk berkonsentrasi, koordinasi jari – jemari, kepercayaan diri dan kedisplinan. Konsentrasi sangat penting dalam bermain piano, karena pada saat mempelajari sebuah lagu yang akan dimainkannya,  harus membaca not-not pada buku not balok. Selaion itu juga harus menggunakan kedua pendengarannya, lengan, tangan, kaki, dan keseluruhan jari-jemarinya untuk memainkan piano. Semua kegiatan tersebut berlangsung dalam waktu yang bersamaan.

Aspek koordinasi yang terjadi antara otot dan pikiran juga mempunyai peranan yang sangat penting terhadap keseimbangan otak kanan dan kiri. Koordinasi yang baik antara mata, tangan bahkan kaki dalam memainkan piano hanya bisa terlaksana jika terkoordinasi dengan baik karena kedua sisi otak anak dipergunakan bersama-sama dalam waktu yang bersamaan.

No comments:

Post a Comment